Polri Gelar Upacara Peringatan Hari Juang Polri, Simak Sejarahnya!

Arsip Gambar Hari Juang Polri/@humas.polri.go.id

Liputanjatim.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan menggelar upacara peringatan Hari Juang Polri pada Rabu, 21 Agustus 2024. Penetapan tanggal ini sesuai dengan keputusan Kapolri nomor KEP/95/I/2024 yang ditetapkan pada 22 Januari 2024.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan bahwa peringatan Hari Juang Polri adalah kesempatan bagi kepolisian untuk menegaskan komitmen dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat. Selain itu, hari ini juga menjadi momen refleksi untuk melanjutkan perjuangan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah Indonesia.


Berikut sejarah Hari Juang Polri dan tata cara upacaranya. Simak informasi selengkapnya!.

Sejarah Hari Juang Polri

Hari Juang Polri diperingati untuk menghormati jasa dan pengabdian anggota kepolisian dalam melindungi dan melayani masyarakat. Tanggal ini dipilih untuk memperingati berbagai pencapaian dan kontribusi Polri dalam menjaga keamanan negara.


Pemilihan tanggal 21 Agustus sebagai Hari Juang Polri bertepatan dengan momen proklamasi polisi Republik Indonesia yang berlangsung pada 21 Agustus 1945, di bawah pimpinan Inspektur Polisi Kelas 1 Moehammad Jasin.

Kabar proklamasi kemerdekaan menjadi berita gembira yang disambut sukacita seluruh anak bangsa di berbagai kota. Di Surabaya, berita proklamasi langsung disambut kelompok masyarakat dengan melakukan konsolidasi kekuatan guna mendukung kemerdekaan.

Pada 21 Agustus 1945, Inspektur Polisi Kelas 1 Moehammad Jasin memproklamasikan berdirinya polisi Indonesia di halaman depan markas polisi istimewa, yang saat ini menjadi Sekolah Saint Louis di Jalan Polisi Istimewa Kota Surabaya.

Di bawah kibaran bendera merah putih, sekitar 250 orang anggota kesatuan Polisi Istimewa berkumpul. Inspektur M Jasin membacakan teks proklamasi polisi diikuti seluruh personel polisi istimewa. Berikut isi teks proklamasi Republik Indonesia pada 21 Agustus 1945.

Proklamasi
Oentoek bersatoe dengan rakjat alam perdjoeangan mempertahankan prokalamasi 17 Agoestoes 1945 dengan ini menjatakan poelisi sebagai poelisi repoeblik Indonesia

Soerbaja 21 Agoestoes 1945
atas nama seloeroeh warga poelisi

Mochamad Jasin
Inspektoer poelisi KL1

Polisi Republik Indonesia kemudian menjadi tulang punggung berbagai gerakan arek-arek Surabaya, dalam mengambil alih kekuatan dan senjata Jepang, maupun perlawanan kepada sekutu hingga perjuangan 10 November 1945, mengingat polisi menjadi satu-satunya kelompok yang memiliki senjata.

Rangkaian Acara Hari Juang polisi
Peringatan Hari Juang Polri yang pertama mengangkat tema “Dengan Semangat Proklamasi Polisi 1945 Polri Siap Menyongsong Indonesia Emas 2045”. Rangkaian acara dimulai dengan sarasehan dan syukuran di Polda Jatim pada 20 Agustus 2024 pukul 19.15 WIB.

Kemudian pada 21 Agustus 2024, dilaksanakan upacara Hari Juang Polri di Monumen Perjuangan Polri pukul 08.00 WIB. Kapolri Jendra Listyo Sigit Prabowo rencananya akan bertindak sebagai inspektur upacara.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal dan tata cara upacara, masyarakat dapat mengakses informasi resmi melalui situs Polri atau media sosial resmi mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here