Ratusan Masyarakat Lamongan Tumpah Ruah Hadiri Gelaran Seni PASTALA ke-9

Berita Jatim
Calon Bupati Lamongan H. Abdul Ghofur saat mengahadiri acara Paguyuban Seni Tradisioal Lamongan

Liputanjatim.com – Paguyuban Seni Tradisioal Lamongan (PASTALA) sukses menggelar acara bertajuk ‘Pagelaran Budaya Grebeg Suro Reog Jaranan Campursari’ ke-9, Minggu (14/7/2024).

Gelaran semarak budaya tradisional tersebut diadakan terbuka di Lapangan Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan. Menghadirkan puluhan pelaku kesenian lokal untuk berkolaborasi dan menampilkan beragam atraksi menarik, seperti Reog, Jaran Kepang, serta Kirab Suguh Sesaji.

Rahmad Muza’in selaku Ketua Panitia Grebeg Suro PASTALA ke-9, mengaku bersyukur atas terselenggaranya agenda rutin tahunan ini. Dia menjelaskan, kesenian tradisional merupakan esensi kental yang melekat pada demografi masyarakat Lamongan.

“Acara ini (Grebeg Suro PASTALA) haruslah diadakan secara rutin. Untuk apa? Untuk mempertahankan nilai-nilai kebudayaan masyarakat Lamongan,” kata dia dalam sambutannya.

Bagas Puji selaku Ketua Umum PASTALA menjelaskan, agenda Pagelaran Budaya ini bisa terealisasi dengan baik dan paripurna berkat dukungan banyak pihak, utamanya lewat sosok H. Abdul Ghofur selaku Ketua DPRD Kabupaten Lamongan.

Ungkapan rasa terima kasih tersebut dibarengi pula dengan penunjukan H. Abdul Ghofur sebagai Ketua Pembina PASTALA, yang dikukuhkan secara simbolis melalui penyerahan pecut putih tanda kesucian.

“Saya mewakili PASTALA hendak menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat, khususnya Kaji Ghofur yang sudah bantu mengawal dan mendukung suksesi acara ini sejak awal perencanaannya,” ujar Bagas.

Selepas acara penyambutan, PASTALA mengadakan agenda menarik sebelum acara berupa mengkirab H. Abdul Ghofur di atas kepala Singo Barong di area tengah acara.

Bagas mengungkap, hal itu dilakukan sebagai bentuk doa dan dukungan terhadap H. Abdul Ghofur yang telah mencalonkan diri dan maju dalam kontes Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sebagai Bupati Lamongan Periode 2024-2029.

“Saya haturkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran dan seluruh anggota PASTALA. Semoga kesenian Lamongan bisa selalu lestari, menjadi wadah berkumpulnya masyarakat,” kata dia. Setelah berbincang dengan seniman-seniman PASTALA, H. Ghofur juga menyempatkan waktu untuk berdialog dengan masyarakat Lamongan yang hadir di acara, yang turut menyambut dengan antusias.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here