Siap Lepaskan Karir Birokrasinya, Nurwakit Daftarkan Diri Maju di Pilkada Lumajang Lewat PDI-P

pala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Nurwakit Ali Yusron, mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) melalui PDI-P/@huda

Liputanjatim.com – Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Nurwakit Ali Yusron, mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) melalui PDI-P. Formulir pendaftarannya langsung diterima oleh Ketua DPC PDI-P Lumajang Solikin di depan ratusan kader yang memadati Kantor DPC PDI-P Lumajang.

Nurwakit mengatakan, tekadnya untuk maju sebagai calon Bupati Lumajang sudah bulat. Bahkan, ia rela menanggalkan karir birokrasinya sebagai seorang ASN apabila mendapatkan rekomendasi dari PDI-P.

“Tekad sudah bulat, saya sepenuhnya siap demi Lumajang ini berubah, di ASN saya masih ada 9 tahun sebelum pensiun, tapi demi warga Lumajang saya siap melepaskannya,” ucap Wakit di Kantor DPC PDIP Lumajang, Jumat (31/5/2024).


Mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah ini juga akan menjajaki komunikasi politik dengan partai lain di Lumajang. Namun, ia enggan membeberkan partai mana yang akan didatanginya dalam waktu dekat.

“PDI-P ini yang pertama, setelah ini tentu masih ada lagi, tapi partainya yang mana lihat situasi dulu nanti,” terangnya.


Meski berlatar belakang birokrat, mantan Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang ini mengaku “optimistis menghadapi calon lawannya,” yakni Eks Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Eks Wakil Bupati Indah Amperawati.

Keduanya diprediksi akan mencalonkan diri masing-masing mengingat PKB, partai tempat Thoriq bernaung dan Gerindra, partai dari Indah bisa mengusung calon sendiri. Namun, sampai saat ini, hanya Thoriq yang sudah dipastikan maju lantaran PKB sudah merekomendasikan dirinya untuk jadi bupati lagi di periode kedua.

Sementara, Ketua DPC PDI-P Lumajang Solikin mengatakan, pendaftaran Bacabup dan Bacawabup di partainya ditutup hari ini. Menurutnya, saat ini hanya ada 3 orang yang telah mengembalikan formulir dari 7 orang yang telah menagmbilnya.

“Ada tiga yang mengembalikan, semuanya bukan kader internal, jadi kita tunggu saja nanti keputusan DPP seperti apa,” ucap Solikin.

Ketiganya diketahui bukan merupakan kader PDIP. Pertama, Ketua DPC Gerindra sekaligus Mantan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati. Berikutnya, Ketua Pemuda Pancasila Lumajang Agus Setyawan dan terakhir Nurwakit.

Solikin berharap, Juni 2024, keputusan DPP perihal calon yang diusung di Pilkada Lumajang 2024 sudah bisa diterima. Mengingat, tahapan Pilkada akan dimulai pada Agustus 2024.

“Yang jelas ketiga nama ini sudah kita usulkan ke DPP dan harapannya bulan depan kita sudah terima keputusan agar kader kita bisa segera bergerak memenangkan calon dari PDIP,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here