Liputanjatim.com – Penggemar NCT mengkritik idolanya atas kolaborasi Starbukcs X NCT ditengah isu brand asal Amerika Serikat (AS) itu Pro-Israel. Pemboikotan ini terjadi secara massif di media sosial, penggemar boy group asal Korea Selatan tersebut menaikkan #SM_boycott_genocide. Dimana para penggemar meminta SM Entertaiment sebagai agensi yang menaungi NCT untuk membatalkan kolaborasi dan meminta seluruh penggemar untuk tidak membeli segala bentuk penjualan dari kolaborasi tersebut.

Kolaborasi tersebut hanya ada di Starbuks Korea, dikutip dari akun Instagram @starbuckskorea merchandise kolaborasinya dengan NCT telah dirilis pada 30 Mei 2024 kemarin. Postingan tersebut juga banyak dikomentari khususnya penggemar NCT yang berasal dari Indonesia yang kecewa terhadap keputusan tersebut.

Bersumber dari Korea JoongAng Daily, bahwa Starbucks Korea adalah perusahaan terpisah dari merek utama Starbucks di AS. Starbucks menjual seluruh sahamnya di perusahaan Korea tersebut pada tahun 2021, yang saat ini 67,5 persen dimiliki oleh raksasa ritel Emart – dan sisanya dimiliki oleh dana kekayaan negara GIC Singapura.

Meski begitu pemboikotan penggemar masih berlanjut hingga artikel ini diterbitkan. Akun sosial media baik grup maupun masing-masing anggota NCT banyak kehilangan pengikut. Hal itu sebagai bentuk protes penggemar terhadap kolaborasinya dengan Starbuks yang dinilai mendukung serangan Israel pada Palestina yang sampai saat ini menelan banyak korban.

Tidak hanya mendapatkan reaksi dari penolakan dari penggemar yang ada di Indonesia, penggemar dari Korea, Thailand hingga China juga meminta untuk mengehentikan penjualan kolaborasi tersebut. Penggemar meminta boy group beranggotakan 26 pria tersebut untuk bersikap atas isu kemanuasiaan yang terjadi di Palestina.

Banyaknya reaksi penggemar ternyata sampai pada para anggota NCT, terbukti tiga diantaranya Taeyong, Winwin, dan Renjun mengunggah di cerita instagramnya tentang pemboikotan atas kolaborasi mereka. Beberapa penggemar memuji keberanian ketiganya atas pengambilan sikap tersebut. Namun penggemar masih menyuarakan pemboikotan Starbuks X NCT.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here