Peran Vital Generasi Muda pada Pemilu 2024, Tentukan Koalitas Demokrasi

Liputanjatim.com – generasi Z dalam menentukan kesuksesan pemilu 2024 menjadi antensi banyak pihak. Rata-rata, orang berkepentingan memang mengarahkan sorotan matanya ke Gen Z ini.

Tak heran, dalam setiap pertemuan, diskusi tentang Gen Z selalu menjadi topik utama yang dibahas. Seperti acara wawasan kebangsaan yang mengangkat tema Sukses Pemilu Serentak 2024 yang diadakan oleh Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur.

Agenda yang dihadiri ratusan masyarakat  Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro, membahas terkait Peran Generasi Z dan pemuda serta peran pemuda di pemilu 2024.

Founder Bojonegoro Jendela Negeri Eko wahyu Ramadhan yang berkesempatan menjadi narasumber dalam agenda tersebut menuturkan, bahwa, Gen Z memiliki peran vital dalam sukses atau tidaknya pemilu 2024 mendatang. Pasalnya sesuai data yang telah ditetapkan KPU RI, pemilih dari kelompok muda yaitu kelompok milenial dan Gen Z sebanyak 113.622.550 orang. “Jumlah pemilih muda ini mendominasi karena mencapai 56,45 persen dari total pemilih 204.807.222 orang,” kata Wahyu, Jumat 24 November 2023.

Oleh karena itu, lanjut Wahyu, kesadaran untuk hadir ke TPS dan menggunakan hak suaranya dalam menentukan pilihan, harus terus ditingkatkan. Tingginya partisipasi pemilih, menurutnya menjadi dasar kualitas demokrasi Indonesia.

“Bahwa pentingnya wawasan masyarakat terkait pemilu, dan bagaimana memaksimalkan hak pilih agar menghasilkan pemilu yang berkualitas,” ujarnya.

Lebih dari itu, agenda tersebut, bertujuan sama, yakni memberikan pemahaman soal wawasan kebangsaan kepada generasi muda. Sebab, sebagai penentu masa depan Indonesia, generasi muda haruslah tercekoki dengan hal-hal yang nasionalis, agar tidak salah mengambil langkah.

“Terutama untuk Gen Z dan generasi milenial yang menjadi salah satu penentu masa depan Indonesia,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here