Pemilih Ganjar di Mataraman Banyak Bermigrasi ke Prabowo Pasca Gibran Cawapres

Liputanjatim.com – Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) Baihaki Sirajt menyebut pemilih Bacapres Ganjar Pranowo sudah mulai bermigrasi ke Prabowo Subianto.

Ia mengatakan perpindahan pemilih Ganjar ini banyak terjadi di wilayah Mataraman Jawa Timur. Alasannya karena Gibran Rakabuming Raka menjadi Bacawapres Prabowo.

“Pemilih PDIP, terutama di basis mataraman yang awalnya memilih capresnya Ganjar, kini beralih ke Prabowo karena faktor Gibran,” kata Baihaki di Surabaya, Rabu 1 November 2023.

Menurut Baihaki, selama ini suara Prabowo memang lemah di wilayah Matraman. Namun sejak Gibran dideklarasikan menjadi wakilnya, suara Prabowo cenderung menaik.

“Selama ini Prabowo lemah di mataraman. Begitu ada Gibran, bisa mengangkat suara Prabowo di basis-basis PDIP di mataraman,” tambahnya.

Tidak hanya di Matraman, hampir seluruh wilayah di Jatim suara Prabowo mengalami kenaikan. Karena loyalis Jokowi yang sebelumnya merapat ke Ganjar kini beralih ke jago Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini.

“Salah satu faktornya loyalis Jokowi yang dulunya banyak merapat ke Ganjar, kini mulai beralih ke Prabowo,” jelasnya.

Hasilnya dalam survei terbaru yang dikeluarkan ARCI ektabilitas Prabowo-Gibran di angka 40,1%. Kemudian disusul Ganjar-Mahfud 35,9%. Dan pasangan Anies-Cak Imin di angka 22,2%.

“Sebanyak 1,8% responden belum menentukan pilihan,” tambah Baihaki.

Survei ARCI dilakukan pada 22-27 Oktober 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Berikut hasil lengkap elektabilitas bacapres-bacawapres di Jatim versi ARCI:

  1. Prabowo-Gibran 40,1%
  2. Ganjar-Mahfud 35,9%
  3. Anies-Muhaimin 22,2%
    Tidak tahu/tidak menjawab: 1,8%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here