PKB Jatim Apresiasi Tingginya Animo Masyarakat Jember ke Anies-Cak Imin

Liputanjatim.com – PKB Jawa Timur nyata mengapresiasi tingginya animo masyarakat yang menghadiri acara Jalan Sehat Sarungan bersama Anies Baswedan dan A Muhaimin Iskandar (AMIN) di Kabupaten Jember, Minggu 29 Oktober 2023 kemarin.

Wakil Sekretaris DPW PKB Jatim Umi Zuhrok pun mengaku merinding melihat antusias masyarakat yang begitu tinggi untuk menghadiri jalan sehat tersebut. Secara umum, wilayah Jember dikatakannya memang sudah menjadi basis massa PKB sejak baru berdiri. Ditambah dengan kinerja anggota fraksi PKB dari semua tingkatan, seperti terjun langsung ke masyarakat begitu masif dilakukan.

“Ya itu memang nambah dari sisi penguatan pemahaman visi-misinya pasangan AMIN,” kata Umi saat dikonfirmasi, Senin 30 Oktober 2023.

Selain itu, tingginya animo masyarakat terhadap pasangan AMIN ini, karena mereka sadar adanya kesamaan garis ikatan ideologi. “Karena basis di Jember ini mayoritas muslim maka pasangan AMIN ini merepresentasikan dari kalangan muslim, sehingga disana tidak ada resistensi, jadi mereka mendukung tinggi,” ujarnya.

Lebih dari itu, kedekatan Cak Imin kepada para kiai menambah keyakinan masyarakat bahwa pasangan AMIN pantas dipilih pada pilpres 2024. “Apalagi ketum (Cak Imin) itu tidak hanya dekat, tapi sering sowan dan duduk bareng dengan kiai,” kata politisi Jember ini.

“Memang di Jember itu berbeda ya, disowanin, diduduki para kiai dan Pondok Pesantren itu akan memantik, akan terpatri lah ikatan emosional mereka untuk mendorong dan memilih pasangan AMIN di 2024,” lanjutnya.

Pihaknya pun kagum dengan Anies Baswedan, sebab mantan Gubernur DKI Jakarta ini melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan Cak Imin. Dan mengimbangi kultur yang ada di tengah masyarakat. “Pak Anies terpanggil juga sowan-sowan, ziarah makam para masyaikh, tokoh itu,” ujarnya.

Dengan begitu, anggota DPRD Jatim ini katakan membantah persepsi masyakat bahwa Anies selama ini dianggap anti terhadap kultur Jawa Timuran. “Terbahtahkan sekarang, karena beliau itu juga melaksanakan juga dengan tradisi kayak gini. Beliau membaur betul,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here