Jelang HUT RI Ke-78, Bakesbangpol Sidoarjo Serahkan Puluhan Ribu Bendera Merah Putih ke Masyarakat

Liputanjatim.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sidoarjo menyerahkan 32.437 ribu Bendera Merah Putih kepada masyarakat, Kamis (20/07/2023).

Hal itu dilakukan sebagai wujud dukungan terhadap gerakan pembagian 10 Juta Bendera di seluruh Indonesia menjelang HUT RI Ke-78.

Kepala Bakesbangpol Sidoarjo Mustain Baladan menyampaikan, pembagian bendera ini bertujuan untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan rasa nasionalisme seluruh warga Indonesia.

“Harapan kami hal ini dapat menumbuhkan kembali sifat patriotisme dan jiwa kebangsaan generasi muda kita saat ini,” katanya saat melakukan penyerahan bendera di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Ia menyebut saat ini telah terkumpul 32.437 ribu Bendera Merah Putih di Bakesbangpol Sidoarjo. Sejumlah yang lain juga terdapat di masing-masing Kantor Kecamatan.

Nantinya bendera tersebut akan dibagikan ke melalui Ormas-ormas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat akar rumput sesuai dengan kebutuhan.

“Secara simbolis kami serahkan kepada perwakilan Pasukan Bela Negara, Forum Pembauran Kebangsaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, Perwakilan NU, Muhammadiyah, LDII, Muslimat NU, Fatayat NU, Aisyiyah Kabupaten Sidoarjo, KNPI, purna Paskibraka dan kepada Gerakan Pemuda Ansor,” sampainya.

Tak hanya itu, pihaknya juga tengah mempersiapkan tiang bendera untuk memerah putihkan tempat-tempat umum. Sedikitnya ada 1.000 tiang bendera yang siap dipasang di tempat terbuka.

Ia menegaskan bahwa bendera merah putih merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu masyarakat Indonesia. Karenanya wajib bagi masyarakat khususnya para generasi muda untuk menjunjung tinggi bendera merah putih.

“Dari Sidoarjo ini kita pastikan semuanya siap mensukseskan gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih menyambut HUT RI Ke-78 yang tinggal sebentar lagi,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here