Perkuat Leadership, Ratusan Pemuda Ikuti Akademi Kepemimpinan Sidoarjo Gemilang

Liputanjatim.com – Sebanyak 270 pemuda mengikuti gelaran Akademi Kepemimpinan Sidoarjo Gemilang angkatan ke-1 di Hall Mall Pelayanan Publik (MPP) Sidoarjo, Sabtu (24/06/2023).

Mereka merupakan pemuda pilihan dari 54 desa di Sidoarjo yang telah lolos seleksi di Kecamatan masing-masing berdasarkan keaktifan dan keterlibatannya di masyarakat.

Gelaran itu sendiri merupakan wujud upaya pengembangan skill kepemimpinan bagi para pemuda di Sidoarjo, utamanya dalam memandang dan menyikapi isu-isu terkini.

Diantaranya yaitu terkait ekonomi kreatif, Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs), pengembangan potensi desa, serta pembangunan dan riset pengelolaan proyek sosial.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali beserta Ketua DPRD Sidoarjo H Usman juga turut hadir dalam Grand Launching & Visioning kegiatan yang diinisiasi oleh Dewan Pemuda Sidoarjo itu.

Dalam sambutannya, Bupati Muhdlor mengatakan bahwa setiap individu memiliki potensi untuk menjadi pemimpin yang unggul. Menurutnya, pemimpin bukan hanya dilahirkan, tetapi juga harus melalui proses penempaan diri yang kuat.

“Saya yakin bahwa pemimpin tidak hanya dilahirkan, tetapi juga dibentuk. Termasuk melalui acara seperti hari ini, yang tujuannya adalah membentuk pemimpin-pemimpin terbaik untuk masa depan,” katanya.

Ia mengajak para peserta untuk mengasah kembali kepekaan sosialnya terhadap setiap peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar.

Hal itu sangat penting dilakukan agar seorang pemimpin nantinya dapat memberikan kontribusi positif yang sesuai dengan tuntunan jaman.

Bupati muda berusia berusia 32 tahun itu berharap kesempatan tersebut dapat menjadi pengalaman berharga bagi para peserta untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan yang diperlukan dalam memimpin dan membangun daerah Sidoarjo.

Sehingga nantinya akan muncul pemimpin-pemimpin yang berkualitas dan siap menerima tongkat estafet tanggung jawab dalam pembangunan daerah di masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here