Percepat Pembangunan, Pemkab Sidoarjo Siapkan Rencana Pelebaran Jalan Penghubung Antar Desa Antar Kecamatan

Liputanjatim.com – Pemkab Sidoarjo berencana melakukan pembangunan drainase jalan serta memperlebar ruas jalan penghubung antar desa antar kecamatan.

Hal ini menjadi salah satu prioritas Pemkab Sidoarjo dalam mewujudkan percepatan pembangunan infrastruktur yang merata di Kota Delta.

Adapun ruas jalan yang segera diperlebar adalah ruas jalan Pilang-Sumberejo-Wonokasian yang berada di wilayah Kecamatan Wonoayu.

Pasalnya, ruas jalan tersebut saat ini hanya memiliki lebar 5 meter. Padahal volume kendaraan yang lewat sudah padat, terutama di pagi dan sore hari. Sebab di wilayah itu sudah banyak perumahan yang berdiri.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan, Jalan penghubung antar desa antar kecamatan merupakan salah satu prioritas pembangunan infrastruktur dalam rangka mewujudkan pemerataan ekonomi.

Menurutnya, Pemerataan ekonomi bisa dicapai apabila pembangunan dan penataan infrastruktur jalan dilakukan dengan baik.

“Jalan penghubung antar desa antar kecamatan ini merupakan ruh ekonomi warga. Ini penting karena cepat tidaknya pertumbuhan ekonomi bisa dilihat dari infrastruktur jalannya,” kata Muhdlor saat melakukan peninjauan ruas jalan, Kamis (18/05/2023).

Disampaikannya bahwa ruas jalan Pilang-Sumberejo-Wonokasian merupakan akses utama lalu-lalang aktifitas warga desa setempat. Selain itu, ruas jalan tersebut juga akses menuju ke arah Kecamatan Sukodono.

Pihaknya berencana memperlebar ruas jalan tersebut menjadi 7 meter. Dengan begitu, diharapkan semakin memperlancar aktifitas warga dan lalu lintas kendaraan yang melintas.

“Lebar ruas jalan sekarang 5 meter dan bila dilihat tadi masih bisa ditambah 2 meter lagi, jadi 7 meter. Bila nantinya dilebarkan maka kendaraan lebih lancar,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas PU Bina Marga dan SDA Eko Dwi Saptono yang turut mendampingi Bupati Muhdlor menyampaikan, saat ini pihaknya tengah melakukan pemeliharaan terhadap beberapa ruas jalan.

Ia menjelaskan, terdapat 12 ruas jalan yang saat ini tengah dikebut pengerjaan perbaikannya oleh Dinas PUBMSDA. Salah satunya di ruas Pilang-Sumberejo yang ada di Kecamatan Wonoayu.

Pada ruas tersebut terdapat kerusakan jalan sepanjang 300 meter dari total panjang jalan yang mencapai 4 Kilometer. Setelah perbaikan selesai, barulah pelebaran jalan dilaksanakan.

“Arahan dari Pak Bupati jalan ini masuk atensi dan rencananya akan dibeton dan diperlebar lagi sekitar 2 meter. Dari panjang 4 km itu sebagian sudah di beton, nantinya dilanjutkan lagi sekitar 2,5 km lagi,” ujar Dwi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here