Peduli Warganya, Wabup Subandi Instruksikan Bedah Rumah Marsiatin

Liputanjatim.com – Wakil Bupati Sidoarjo H Subandi mengunjungi rumah seorang janda di Desa Janti Kecamatan Waru, Jumat (05/05/2023).

Hal itu menyusul laporan yang diterimanya bahwa yang bersangkutan tinggal di rumah yang kondisinya memprihatinkan.

Wabup Subandi kemudian melihat sendiri kondisi rumah tersebut. Ia melihat beberapa bagian bangunan terlihat lapuk dimakan usia.

Termasuk bagian atap yang sering bocor dan rawan roboh ketika hujan deras tiba disertai angin kencang.

Penghuni rumah itu sendiri adalah Marsiatin (60). Ia telah ditinggal mati oleh suaminya sejak tiga tahun lalu. Dan saat ini tinggal bersama kedua cucunya.

Perempuan yang kesehariannya berjualan sayur di depan gang itu mengaku tidak cukup mampu untuk merenovasi rumahnya sendiri.

Hasil usaha jualan sayur hanya bisa untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari dirinya bersama kedua cucunya.

Untuk itu, Wabup Subandi meminta untuk segera dilakukan renovasi terhadap rumah Marsiatin selagi kondisi cuaca cerah seperti yang terjadi beberapa waktu terakhir ini.

“Mumpung kondisi hujannya juga sudah agak reda, biar nanti kalau hujan lagi sudah tidak bocor,” pintanya.

Wabup Subandi memastikan pihaknya telah menyiapkan anggaran Rp 20 Juta yang diambilkan dari Baznas Sidoarjo untuk perbaikan rumah tersebut.

Namun, ia tetap meminta proses pengerjaan renovasi dapat melibatkan swadaya masyarakat. Tujuannya adalah untuk memupuk solidaritas warga dan meringankan beban Marsiatin.

Karenanya, Wabup Subandi meminta Pemerintah desa setempat dapat aktif mengawal bedah rumah. Itu dilakukan agar renovasi cepat selesai sehingga Marsiatin dapat kembali tinggal di rumah dengan tenang.

Terkait bantuan sosial lainnya, ia memastikan Marsiatin telah menerima semua bantuan, mulai dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) hingga bantuan beras.

Ke depan, ia berharap kejadian serupa dapat segera ditangani dengan cepat dengan mengedepankan sinergitas antara Pemkab dan Pemerintah desa setempat.

Sehingga tidak ada lagi warga masyarakat miskin yang mengeluh karena tidak pernah mendapatkan perhatian dan bantuan dari Pemerintah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here