Sumail Abdullah Ingatkan Masyarakat Pentingnya Empat Pilar Kebangsaan

Liputanjatim.com – Anggota DPR RI Komisi V Sumail Abdillah mengajak masyarakat untuk kembali memahami pentingnya empat pilar kebangsaan.

Menurutnya, empat pilar yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI itu mengandung nilai-nilai yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Demikian disampaikannya saat menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama masyarakat warga Desa Krajan Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi, Minggu (26/03/2023).

“Seperti pada pancasila sebagai dasar negara. Tidak perlu atau tidak boleh ada ideologi selain itu. Hal tersebut agar kita tidak terpecah belah,” ujar Politisi Fraksi Partai Gerindra tersebut.

Lebih lanjut ia menjelaskan, empat pilar kebangsaan harus terus dijaga dan ditingkatkan agar bangsa Indonesia tetap kokoh dan kuat dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari segenap masyarakat. Beberapa dari mereka juga aktif berdiskusi terkait empat pilar kebangsaan.

Seperti yang disampaikan oleh Ahmad selaku tokoh pemuda setempat. Ia menanyakan seberapa penting masyarakat perlu menerapkan nilai-nilai empat pilar tersebut.

“Sebagai masyarakat kenapa kita harus mengamalkan nilai-nilai tersebut? Apakah ada hubungannya antara nilai-nilai 4 pilar kebangsaan dengan kehidupan bermasyarakat?,” tanya Ahmad.

Menanggapi pertanyaan itu, Sumail menegaskan bahwa empat pilar merupakan ruh dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Sebagai masyarakat dan penerus bangsa ini. Tentu, nilai-nilai yang terkandung dalam 4 pilar kebangsaan penting diwujudkan ditengah masyarakat,” jawab legislator dari Dapil III Jatim ini.

Dalam kehidupan masyarakat misalnya, ia menyebut nilai Bhinneka Tunggal Ika harus menjadi semangat di dalamnya. Sehingga persatuan dan kesatuan tetap terjaga di tengah perbedaan yang ada.

Begitu juga dalam kehidupan berbangsa, nilai yang terkandung dalam NKRI harus dipegang bersama agar masyarakat memahami bahwa mereka terikat dalam satu bangsa Indonesia.

Dengan begitu, diharapkan masyarakat dapat memiliki kesadaran yang kuat terkait pentingnya empat pilar kebangsaan. Sehingga dapat turut mensukseskan program pembangunan pemerintah.

“Semoga ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here