Bupati Muhdlor Harap Kampung Ramadan Jadi Pembangkit Ekonomi UMKM Pasca Pandemi

Liputanjatim.com – Pemkab Sidoarjo kembali menggelar semarak Kampung Ramadan pada tahun ini. Event yang digelar bersama JTV itu turut menggandeng PC Fatayat NU Sidoarjo, GP Ansor Sidoarjo serta FKK TPQ Kabupaten Sidoarjo.

Kegiatan yang dipusatkan di Alun-alun Sidoarjo itu secara resmi dibuka oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, Jumat (31/03/2023).

Bupati Mudhlor menyampaikan, kegiatan semarak Kampung Ramadan merupakan salah satu cara Pemkab Sidoarjo untuk menyambut dan menyemarakkan bulan Ramadan.

Menurutnya, bulan Ramadan harus senantiasa diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Termasuk kegiatan semarak Kampung Ramadan itu. Ia berharap kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat Sidoarjo.

“Acara ini membawa dua manfaat sekaligus, pertama pemulihan ekonomi pasca Covid-19 dengan membangkitkan UMKM yang ada di Kabupaten Sidoarjo,  yang kedua meningkatkan kualitas spiritual atau rohani yang datang untuk ikut bersholawat,” ujarnya.

Bupati yang akrab disapa Gus Muhdlor ini juga turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Pasalnya, kegiatan itu merupakan yang ketujuh kalinya digelar secara berturut-turut di Kabupaten Sidoarjo. Ia berharap kerjasama apik berbagai pihak dapat terus berlangsung ke depannya.

“Semoga acara seperti ini awet di Kabupaten Sidoarjo. Terima kasih semua, jangan bosan untuk menyemarakkan Ramadhan 1444 H. Semoga adanya kampung ramadhan ini membawa berkah bagi UMKM dan keberkahan ramadhan ini akan terus bersama kita semua,” ucapnya.

Pembukaan Kampung Ramadan itu sendiri berjalan meriah dengan Gebyar Sholawat bersama Gus Azmi. Ribuan masyarakat Sidoarjo tampak antusias mengikuti jalannya pembacaan sholawat meski sempat diguyur gerimis hujan.

Semarak Kampung Ramadan kali ini diketahui bakal digelar selama 17 hari mulai dari tanggal 31 Maret sampai 16 April 2023 mendatang.

Terdapat puluhan booth dari para pelaku UMKM yang menggelar berbagai produknya. Mulai dari aneka macam makanan, takjil dan berbagai produk lain.

Tak hanya itu, PC Fatayat NU Sidoarjo dan GP Ansor Sidoarjo juga akan mengadakan berbagai lomba untuk memeriahkan semarak Kampung Ramadan.

Mulai dari Lomba Rebana, Lomba Memasak, Lomba Musik Patrol,  Banser Got Talent, Pildacil, Fashion Show, Stand Up Comedy, Vlog Kampung Ramadhan dan juga  Lomba Dekorasi Stand Bazaar yang diikuti oleh 18 PAC baik PAC Fatayat NU Sidoarjo maupun GP Ansor Sidoarjo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here