PSM Makasar Pastikan Diri Jadi Juara BRI Liga 1 2022/2023

Liputanjatim.com – PSM Makasar memastikan diri menjadi Juara BRI Liga 1 Musim kompetisi 2022/2023 meski masih menyisakan dua pertandingan lagi.

Kepastian itu muncul usai PSM berhasil mengalahkan Madura United 3-1 dalam pertandingan Pekan ke-32 yang digelar di Stadion Gelora Ratu Pamelingan Pamekasan, Jumat (31/03/2023).

Tiga gol dicetak oleh Wilijam Pluim di menit ke-4 dan ke-10, serta Kenzo Nambu pada menit ke-48. Sementara satu gol Madura United dicetak oleh Hugo Gomes di menit ke-51.

Menurunkan skuad terbaiknya, PSM bermain agresif sejak peluit wasit dibunyikan. Hasilnya, tim Juku Eja langsung unggul 1-0 saat laga baru menginjak menit ke-4.

Pluim membuka kran keunggulan usai menuntaskan umpan tarik Everton yang gagal diantisipasi kiper Madura United Rendy Oscario.

Tak sampai di situ, lagi-lagi Pluim kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-10. Kali ini ia mencetak gol dengan tandukan kepala setelah memanfaatkan umpan sepak pojok Yance Sayuri.

Tersentak oleh dua gol cepat PSM, tim tuan rumah Madura United coba merespon untuk memburu gol penyeimbang. Serangan semakin gencar dilancarkan ke arah gawang tim tamu.

Zulfiandi dkk mendapatkan peluang terbaik melalui Hugo Gomes dan Beto Goncalves mendekati menit ke-15 pertandingan.

Namun penampilan apik Reza Arya di bawah mistar gawang PSM masih menggagalkan kedua peluang itu untuk berubah menjadi gol.

PSM hampir saja menambah keunggulan di menit-25 jika saja tendangan Yakob Sayuri tidak melebar di sisi gawang Rendy Oscario.

Sampai akhirnya tidak ada lagi gol yang tercipta hingga turun minum. Pertandingan babak pertama ditutup dengan keunggulan 2-0 untuk PSM.

Di babak kedua, PSM kembali mencetak gol cepat saat laga baru berjalan tiga menit. Kenzo Nambu merebut bola dari penguasaan Zulfiandi di tengah lapangan, lalu melihat posisi Rendy yang keluar dari gawangnya.

Gelandang asal Jepang itu kemudian langsung melepaskan tembakan lob ke arah gawang. Rendy yang coba mengejar tak mampu meraih bola. PSM semakin menjauh 3-0.

Gol tim tuan rumah baru lahir di menit ke-51 melalui upaya Hugo Gomes. Berawal dari tendangan bebas, Lulinha mengirim umpan manis yang berhasil ditanduk Hugo untuk memperkecil kedudukan menjadi 1-3.

Seperti mendapat angin segar, Madura United meningkatkan intensitas serangan di sisa menit pertandingan. Pada menit ke-64 Laskar Sape Kerrab mendapat peluang emas melalui tandukan Cleberson.

Sayangnya tiang gawang masih menggagalkan upaya tersebut. Begitu juga upaya Kwabena Appiah yang menyambut bola muntah hasil tandukan Cleberson. Bola kembali gagal masuk ke gawang karena hanya menemui mistar gawang.

Appiah kembali mendapat peluang di menit ke-81 usai menerima crossing mendatar dari Esteban Vizcarra. Namun tembakannya melebar di sisi kiri gawang PSM.

Skor 3-1 untuk kemenangan PSM bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Kemenangan itu membuat PSM meraih 3 poin tambahan untuk memperbanyak pundi-pundinya menjadi 72 poin. Mereka mencatatkan 21 kali menang, 9 kali imbang, dan hanya 2 kali kalah.

Perolehan poin tim berjuluk Juku Eja itu sudah tak mungkin lagi dikejar oleh pesaing-pesaingnya meski masih menyisakan dua pertandingan.

Dengan begitu, PSM berhasil mengunci gelar Juara BRI Liga 1 musim 2022/2023. Gelar tersebut merupakan gelar ketujuh mereka setelah terakhir meraih Juara pada 23 tahun silam atau tepatnya pada musim 1999/2000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here