Meski Tersingkir, STY Cukup Puas dengan Performa Anak Asuhnya

Liputanjatim.com – Pasukan garuda muda hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan tuan rumah Uzbekistan pada laga terakhir grup A Piala Asia U-20 2023 di Stadion Istiqlol Fergana, Selasa (07/03/2023).

Hasil ini membuat langkah mereka harus terhenti karena hanya mengoleksi 4 poin dan kalah head to head serta selisih gol dari Irak yang meraih poin sama.

Pada dua laga sebelumnya, Indonesia harus mengakui keunggulan Irak dengan skor 0-2 dan menang tipis 1-0 atas Suriah.

Baca juga: Hasil Imbang Buat Garuda Muda Tersingkir dari Piala Asia U-20 2023

Hokky Caraka dkk harus merelakan dua tiket babak perempat final diraih oleh tim tuan rumah Uzbekistan yang menjadi juara grup dan Irak sebagai runner-up.

Meski gagal lolos, pelatih Indonesia Shin Tae-yong tetap mengapresiasi dan memuji perjuangan anak asuhnya. Ia menyebut hasil imbang ini cukup memuaskan, apalagi bermain di kandang lawan.

Terlebih kepada barisan pertahanan anak asuhnya. Menurutnya, hal itu tidak mudah dilakukan di tengah serangan tim tuan rumah yang datang bertubi-tubi.

“Saya pikir kami bermain bagus melawan Uzbekistan. Dalam hal kualitas pertahanan, saya berikan apresiasi tersendiri kepada pemain yang bisa mengakhiri pertandingan tanpa kebobolan,” kata Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan, tidak gampang meraih hasil imbang kontra Uzbekistan. Pasalnya, selain diuntungkan oleh dukungan ribuan suporter, mereka juga memiliki postur tubuh yang besar.

“Seperti yang kalian lihat, para pemain Uzbekistan secara fisik lebih besar dari para pemain kami, dan kondisi ini cukup menyulitkan. Fisik adalah kekurangan kami,” imbuhnya.

Ia memandang realistis hasil yang diraih oleh anak asuhnya. Karena memang terdapat beberapa pemain pilar yang absen. Namun dengan komposisi pemain yang ada, ia cukup puas dengan penampilan anak asuhnya.

“Kami tidak bisa membawa beberapa pemain penting untuk turnamen ini, tapi performa pemain kami sudah bagus di grup ini,” ujar pelatih yang biasa disebut STY ini.

STY memandang jalan ke depan terkait persiapan Timnas Indonesia U-20 yang bakal berlaga dalam gelaran Piala Dunia U-20 bulan Mei mendatang di Indonesia.

“Setelah ini pemain pemain kembali ke klubnya masing-masing untuk beristirahat. Selanjutnya kami mempersiapkan diri menjalani pemusatan latihan (TC) menyambut Piala Dunia U-20 yang berlangsung pada Mei mendatang. Kami akan melakukan sejumlah perubahan terhadap pemain,” tukasnya.

Piala Dunia U-20 2023 dijadwalkan bakal berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang di Indonesia.

Tentu waktu yang tidak lama lagi bagi garuda muda untuk kembali bekerja keras, fokus dan meningkatkan kemampuannya lagi demi raihan hasil terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here