Jawab Keluhan Pedagang, Bupati Muhdlor Segera Revitalisasi Drainase Pasar Wadungasri Waru 

Liputanjatim.com – Pedagang di Pasar Baru Wadungasri Waru Sidoarjo merasa gembira saat dikunjungi Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Pasalnya, kedatangan orang nomor satu di Sidoarjo itu untuk merespon masalah yang dikeluhkan para pedagang.

Para pedagang mengeluhkan kondisi di dalam pasar yang sering kebanjiran setiap kali musim hujan sehingga menghambat aktifitas perniagaan mereka.

Dalam kunjungan itu, Bupati Muhdlor melihat langsung kondisi drainase yang ada di dalam pasar itu. Ditemukan saluran yang ada saat ini tampak tidak terintegrasi dan tidak berfungsi dengan baik. Bahkan ada yang sudah buntu karena tertutup sampah. 

“Sudah kita cek langsung di Pasar Wadungasri. Ternyata banyak saluran air yang buntu dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Nanti akan kita lakukan penataan ulang drainase, diatur agar air hujan bisa keluar dan tidak menggenang di dalam pasar,” ujar Gus Muhdlor saat meninjau Pasar Wadungasri, Selasa (20/12/2022).

Bupati muda yang akrab disapa Gus Muhdlor ini menilai penanganan banjir di kawasan Pasar Wadungasri Waru tidak bisa dikerjakan secara parsial. Untuk itu, ia memastikan pihaknya tengah mempersiapkan upaya penanganan masalah banjir menahun itu secara komprehensif.

Rencananya, Tahun 2023 mendatang Pemkab Sidoarjo bakal melakukan revitalisasi drainase yang ada di dalam Pasar Wadungasri.

Tak hanya itu, Pemkab Sidoarjo juga akan membangun DAM dan menyiagakan pompa di kali buntung yang letaknya bersebelahan langsung dengan pasar tradisional itu. Bahkan aliran sungai kali buntung juga bakal dinormalisasi.

“Di sisi timur pasar ini ada sungai kali buntung dan sudah terlihat dangkal. Nanti dinormalisasi kemudian dibangun DAM untuk mengatur debit air. Kita kerjakan komprehensif, drainase ditata, normalisasi juga dikerjakan kemudian dibangun DAM,” sampai Gus Muhdlor.

Turut hadir mendampingi Gus Muhdlor dalam tinjauan ini antara lain Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Sidoarjo Budi Basuki, Kepala Dinas PUBM dan SDA Sidoarjo Dwi Eko Saptono, Kepala Disperindag Widiantoro, Kabid Pasar Hoedy Prasetyo, Camat Waru serta segenap perangkat Desa Kepuhkiriman Kecamatan Waru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here