Ada Penelpon ‘Hantu’, Bupati Muhdlor Minta Masyarakat Bijak Gunakan Layanan PSC 119


Liputanjatim.com
 – Pemkab Sidoarjo terus melakukan upaya peningkatan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat. 

Kali ini, Pemkab secara resmi membuka operasionalisasi gedung baru Public Safety Center (PSC) 119 dan Griya Sehat, yang beralamatkan di jalan Untung Suropati No 4 Sidoarjo pada Senin (05/12/2022).

Bupati Sidoarjo mengungkapkan, hadirnya gedung baru bertujuan untuk mendorong PSC 119 Kabupaten Sidoarjo dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara maksimal.

Sebagai layanan respon cepat bebas pulsa dalam tanggap darurat kesehatan, PSC 119 diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam penanganan dan pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kita berharap bahwa masyarakat dilayani dengan baik, direspon dengan cepat dan tepat,” kata Bupati Muhdlor.

Dirinya juga mengapresiasi gerak cepat PSC 119 yang telah berjalan selama ini. Menurutnya, layanan PSC 119 telah menjadi andalan masyarakat Sidoarjo dalam kegawatdaruratan kesehatan. Apalagi saat ini PSC 119 sudah terintegrasi dengan layanan call center 112 Kabupaten Sidoarjo.

“Peran PSC119 sampai hari ini cukup dominan, terdapt sekitar 4.196 penelepon yang ingin mendapatkan pelayanan. Seperti layanan jemput bola karena kecelakaan atau ingin ke rumah sakit. Layanan 119 siap siaga 24 jam membantu masyarakat,” ujarnya.

Meski begitu, dirinya berpesan kepada masyarakat dapat bijak dalam memanfaatkan layanan bebas pulsa ini. Menurut catatannya, masih banyak ditemui informasi palsu dari penelpon tidak bertanggung jawab.

“Saya tekankan kepada masyarakat untuk tidak bermain-main dengan layanan ini. Penelpon hantu cukup banyak dan sekarang mencapai angka 900 penelepon. Tentu ini tidak boleh dilakukan lagi,” pintanya.

Dirinya menegaskan, layanan kesehatan di Kabupaten Sidoarjo akan terus ditingkatkan. Sosialisasi keberadaan PSC 119 juga akan terus dilakukan. Dengan begitu, pelayanan kegawatdaruratan kesehatan benar-benar dapat dirasakan masyarakat. 

Sementara Kadinkes Sidoarjo Feny Apridawati mengungkapkan, layanan PSC 119 sudah ada sejak 10 Februari 2020. Sebelumnya layanan cepat tanggap darurat kesehatan itu menempati IGD RSUD Sidoarjo. 

Mulai saat ini, PSC 119 menempati gedung baru yang sebelumnya sempat digunakan sebagai Kantor Sekretariat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sidoarjo. 

“Layanan PSC 119 menjadi bagian dari sistem pelayanan kegawatdaruratan kesehatan. Tujuannya, memberikan pertolongan pertama kali sebelum pasien dirujuk ke rumah sakit atau ke Faskes terdekat,” tandasnya.

Dengan berbagai sarana dan prasarana serta ketersediaan tenaga kesahatan yang mumpuni, PSC 119 siap memberikan pelayanan 24 jam kepada masyarakat. Masyarakat dapat menghubungi PSC 119 melalui nomor 081284161119 secara gratis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here