Argentina dan Belanda Pastikan Diri Lolos ke Babak Perempat Final

Liputanjatim.com – Timnas Argentina mengunci satu tiket ke perempat final Piala Dunia 2022 usai membekuk Timnas Australia di babak 16 besar. 

Tim Tango menang dengan skor akhir 2-1 dalam laga yang tersaji di Stadion Ahmed bin Ali, Minggu (04/12/2022).

Lionel Messi membuka keunggulan Argentina pada menit ke-35. Ia berhasil melesakkan tembakan yang menggetarkan jala gawang Timnas Australia setelah berhasil memanfaatkan bola dari Nicolas Odamendi.

Timnas Australia berusaha lebih agresif lagi demi mencari gol penyeimbang. Namun Lionel Messi dkk masih bisa mengontrol kendali permainan.

Di babak kedua, Argentina langsung berusaha menggandakan keunggulan. Messi mendapatkan ruang tembak di menit ke-50, laju bola terlalu lemah hingga bisa ditangkap kiper Mathew Ryan.

Argentina mampu memperlebar jarak keunggulan pada menit e-57.  Adalah Julian Alvarez yang mampu mencuri bola dari lini belakang Timnas Australia dan mengkonversinya menjadi gol. 

Australia mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 di menit ke-77. Bola tembakan Craig Goodwin dari luar kotak penalti mengenai pemain Argentina sehingga membuat Emiliano Martinez mati langkah dan tak bisa menyelamatkan gawangnya.

Kedudukan hampir saja imbang dan memaksa kedua tim untuk memainkan babak perpanjangan, jika saja tendangan Aziz Behich menjadi gol. Sayang lini pertahanan Argentina masih sigap untuk melakukan penyelamatan.

Tak ada gol tambahan sampai laga tuntas. Argentina pun menang dengan skor 2-1 dan memastikan diri lolos ke babak perempat final.

Pada pertandingan yang lain, Timnas Belanda mampu mengatasi perlawanan sengit Amerika Serikat dengan skor  3-1 dalam laga yang berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Sabtu (03/12/2022).

Kedua tim memulai pertandingan dengan tempo tinggi. Mereka sama-sama mengincar gol cepat di awal babak pertama. 

Amerika Serikat membuka peluang melalui tendangan Christian Pulisic dari dalam kotak penalti. Namun upayanya masih bisa diselamatkan kiper Belanda Andries Noppert.

Belanda merespon dengan melakukan serangan cepat. Bahkan Tim Orange mampu menjebol gawang AS pada menit ke-10.

Lewat serangan balik yang diinisiasi oleh Denzel Dumfries di sisi kanan, ia mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti yang berhasil disambut Memphis Depay untuk menceploskan bola ke gawang Amerika Serikat.

Setelah Belanda menciptakan gol, Amerika Serikat mencoba untuk menekan demi bisa mencetak gol penyama kedudukan.

Namun Tim Paman Sam justru harus kebobolan lagi pada menit injuri time babak pertama. Lagi-lagi Dumfries mampu menjadi aktor di balik terciptanya gol yang kedua. 

Ia kembali dapat mengirimkan sebuah assist manis ke dalam kotak penalti yang kali ini dimanfaatkan oleh Dalley Blind dengan tendangan kaki kanannya untuk membawa Belanda unggul 2-0.

Amerika Serikat kemudian melakukan perubahan strategi untuk dapat mengejar ketertinggalan di babak kedua. Giovani Reyna dimasukkan untuk mempertajam lini serang.

Upaya ini cukup memberi dampak bagi Amerika Serikat. Mereka semakin intens menebar ancaman ke gawang Timnas Belanda. 

Usaha Amerika Serikat akhirnya berbuah gol pada menit ke-76 melalui Haji Wright. Berawal dari umpan datar yang dikirim Christian Pulisic, Wright dapat menyambar bola dan menaruhnya ke sudut kanan gawang Belanda. Angka di papan skor berubah berubah menjadi 2-1.

Belanda merespon dengan mencetak gol ketiga pada menit ke-81. Kali ini Dumfries sendiri yang mencetak gol melalui tendangan voli kaki kirinya setelah menerima umpan dari Blind.

Gol tersebut menjadi yang terakhir di laga ini dan Belanda berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 3-1. Berkat kemenangan itu, Tim Orange melaju ke babak perempat final dan akan berhadapan dengan Argentina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here