Hasil Grup H: Unggul Produktifitas Gol dari Uruguay, Korea Selatan Lolos Ke 16 Besar Dampingi Portugal

Liputanjatim.com – Korea Selatan memastikan diri lolos ke babak 16 besar usai mengalahkan Portugal 2-1 di Stadion Education City Al Rayyan, Jumat (01/12/2022).

Korsel yang membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa lolos ke fase gugur, mencoba membangun serangan lebih dulu di awal pertandingan. Namun usaha yang dilakukan Son Hyung Min dkk masih bisa diredam barisan belakang Portugal.

Sementara Timnas Portugal yang sebenarnya sudah memastikan lolos ke babak 16 besar, tak mau melepas laga terakhirnya begitu saja. Mereka ingin memperpanjang rekor selalu menang dalam gelaran Piala Dunia 2022.

Timnas Portugal berhasil unggul lebih dulu melalui gol Ricardo Horta. Menyambut umpan kiriman Diogo Dalot, dirinya sukses  menyontek bola ke gawang Korea Selatan yang tak mampu dibendung oleh Kim Seung Gyu.

Namun keunggulan Portugal tak berlangsung lama. Pada menit ke-27 Tim Ginseng mampu menyamakan kedudukan lewat tembakan jarak dekat yang dilesakkan Kim Young Gwon memanfaatkan kemelut di depan gawang Timnas Portugal.

Tendangan penjuru Korea Selatan lebih dulu menyentuh Ronaldo sehingga bola memantul ke depan gawang. Kim Young Gwon yang lolos dari kawalan sukses menyambar bola dari jarak dekat yang tak bisa diantisipasi Diogo Costa.

Memasuki babak kedua, Korea Selatan semakin berani melakukan serangan. Menjadikan permainan kedua tim berlangsung lebih sengit. 

Memasuki menit-menit akhir pertandingan, Portugal lebih gencar menyerang pertahanan Timnas Korea Selatan. Namun mereka justru harus kecolongan saat pertandingan memasuki injury time. 

Berawal dari skema counter-attack, Son Hyung Min melakukan dribel ke arah gawang Diogo Costa. Ia kemudian mengirim umpan terobosan yang sukses dituntaskan Hwang Hee Chan di menit ke-91. 

Skor 2-1 untuk kemenangan Timnas Korea Selatan bertahan hingga akhir pertandingan.

Sementara di pertandingan lain, Timnas Uruguay mampu membekuk Timnas Ghana dengan keunggulan dua gol tanpa balas dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Al Janoub, Jumat (02/12/2022). 

Timnas Uruguay mampu membuka keunggulan pada menit ke-26 lewat gol Des Arrascaeta. Gol itu bermula dari tendangan Luis Suarez yang tak mampu ditepis sempurna oleh Kiper Ghana. Bola rebound itu kemudian disundul Arrascaeta dan menjadi gol.

Tak sampai 10 menit, De Arrascaeta mencetak gol kedua guna membawa Uruguay unggul 2-0 atas Ghana pada menit ke-32. Kali ini dia mampu memanfaatkan umpan manis dari Darwin Nunez untuk mengkonversinya menjadi gol. 

Tertinggal dua gol di babak pertama memaksa Timnas Ghana mengambil inisiatif serangan. Osman Bukari melepaskan tembakan pada menit ke-47, sayang tendangannya belum mampu menemui sasaran.

Uruguay pun tak mau diam. Federico Valverde membuat percobaan dengan melepaskan tendangan voli dari luar kotak penalti pada menit ke-70. Hanya saja masih terlalu mudah bagi Zigi menangkap bola itu.

Serangan Valverde dibalas Kudus pada menit ke-82. Ia melesakkan tendangan keras kaki kanan dari luar kotak penalti. Namun Sergio Rochet mampu membuat penyelamatan penting dengan menepis tendangan itu dan membuat gawangnya aman dari kebobolan. 

Tidak ada tambahan gol yang tercipta sampai peluit akhir dibunyikan oleh wasit. Uruguay menang 2-0 atas Ghana. 

Meski begitu, Uruguay gagal lolos ke babak 16 besar karena kalah produktivitas gol dari Korea Selatan. Uruguay harus puas finis di bawah Kora Selatan yang menempati posisi runner-up grup.

Sementara Korea Selatan memastikan satu tiket ke babak 16 besar mendampingi Portugal yang lebih dulu memastikan satu tempat ke fase gugur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here