Hasil Grup F: Maroko Ukir Sejarah Manis, Belgia Menangis


Liputanjatim.com
 – Fase grup Piala Dunia 2022 tak henti-hentinya menyajikan kejutan. Di Grup F, Maroko berhasil menjadi juara Grup dan memastikan diri lolos ke babak 16 besar untuk pertama kalinya.

Timnas Maroko mencatatkan raihan 7 poin hasil dari 2 kali kemenangan dan 1 kali imbang.

Kemenangan terakhir Timnas Maroko didapat dalam laga pamungkas Grup F saat menghadapi Timnas Kanada yang berlangsung di Al Thumama Stadium, Kamis (01/12/2022).

Hakim Ziyech dan kawan-kawan langsung tancap gas sejak menit awal pertandingan untuk meraup kemenangan demi mengejar asa lolos ke fase gugur.

Hasilnya, Ziyech berhasil membawa Maroko unggul cepat di menit keempat lewat teknik chip ball memanfaatkan blunder fatal yang dilakukan kiper Kanada, Milan Borjan.

Unggul satu gol membuat Maroko makin bergairah. Mereka coba mengamankan kemenangan dengan menambah keunggulan. 

Pada menit ke-24, Maroko berhasil menggandakan skor menjadi 2-0 berkat Youssef En-Nesyri yang sukses menuntaskan umpan terobosan Achraf Hakimi.

En-Nesyri yang lolos dari kawalan dua bek Kanada, mampu meraih umpan terobosan yang diakhiri sepakan keras mendatar ke pojok kanan gawang.

Kanada juga mampu memberikan perlawanan dan sempat memperkecil kedudukan pada menit ke-40. Gol tersebut terjadi karena bunuh diri bek Maroko Nayef Aguerd.

Bermaksud untuk menyapu umpan silang, bola malah berbelok arah dan membuat kiper Yassine Bounou terkecoh hingga masuk ke gawang sendiri. Kedudukan berubah menjadi 1-2.

Di babak kedua, Timnas Kanada berbalik menekan sejak menit pertama. Timnas Maroko bermain hati-hati dan lebih bertahan untuk mengamankan keunggulan yang sudah didapat.

Upaya Timnas Kanada hampir saja berbuah hasil pada menit ke-71. Atiba Hutchinson melakukan sundulan keras ke arah gawang Yassine Bounou. Sayang, bola masih terselamatkan mistar gawang dan memantul tepat di garis gawang.

Hingga peluit akhir dibunyikan, tidak ada lagi gol yang tercipta. Mengantarkan Timnas Maroko lolos ke babak 16 besar dan mengunci status juara grup.

Di pertandingan yang lain, tersaji laga sengit antara dua unggulan Grup F yaitu Timnas Belgia vs Timnas Kroasia yang berlangsung di Stadion Ahmed bin Ali, Kamis (01/12/2022).

Kedua tim sama-sama tampil agresif sejak awal. Mereka sama-sama memasang target kemenangan agar dapat mengamankan tiket lolos ke babak 16 besar.  

Pada menit ke-14, Bek Timnas Belgia Yannick Carrasco melakukan pelanggaran yang nyaris saja membuat Kroasia mendapat tendangan penalti. Namun, VAR menggagalkan usai pemain Kroasia kedapatan sudah berada dalam posisi offside .

Selepas itu, jual beli serangan diperagakan oleh kedua tim, namun belum ada peluang yang dapat mengenai sasaran. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga jeda turun minum.

Selepas jeda istirahat, Belgia memasukkan Romelu Lukaku demi menambah daya gedor. Pergantian itu langsung memberikan dampak di lini serang Belgia. Lukaku langsung bikin peluang pada menit ke-49 lewat sundulannya, tetapi kiper Livakovic mampu mengamankannya.

Kroasia membalas lewat tendangan terukur Kovacic setelah menerima bola di dalam kotak penalti, tetapi Thibaut Courtois masih bisa mengamankan gawangnya lewat aksi penyelamatan akrobatik.

Banyak peluang yang diciptakan oleh kedua tim di babak kedua ini. Namun, baik Belgia maupun Kroasia sama-sama tidak memiliki penyelesaian akhir yang bagus sehingga tidak ada gol yang tercipta hingga akhir laga.

Hasil itu menambah perolehan angka Timnas Kroasia menjadi 5 poin. Menempatkan tim asuhan Zlatko Dalic menempati posisi runner-up Grup F dan memastikan satu tiket ke babak 16 besar.

Sementara Belgia meraih total 4 poin hasil dari satu kemenangan, satu kekalahan, dan satu hasil imbang. Sehingga Belgia harus rela angkat koper lebih cepat dan tersingkir dari fase grup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here