Rumah Warga Tambaksawah Waru Ambruk Diterjang Angin Kencang, Wabup Subandi Beri Bantuan

Liputanjatim.com – Cuaca ekstrem yang melanda wilayah Sidoarjo beberapa hari terakhir ini mengakibatkan beberapa rumah warga ambruk akibat diterjang hujan deras disertai angin kencang.

Hal itu mendorong Wakil Bupati Sidoarjo Subandi melakukan sidak terhadap salah satu rumah warga yang ambruk akibat angin kencang di Desa Tambaksawah, Kecamatan Waru, Sidoarjo, pada selasa (29/11/2022).

Adalah rumah milik M Rusli Kholil yang menjadi amukan angin kencang yang terjadi pada Senin (28/11). Ruang tamu dan dua kamar tidur rumahnya ambruk total akibat peristiwa itu. Beruntung, dirinya dan keluarga tidak berada di dalam rumah ketika peristiwa itu terjadi. 

Wabup Subandi mengaku sebelumnya telah mendapat laporan dari beberapa pihak terkait peristiwa tersebut. Untuk itu, dirinya terjun langsung melakukan sidak untuk memastikan kondisi yang terjadi di lapangan. 

“Ada warga kita yang tidak mampu di Desa Tambak Sawah yang rumahnya ambruk. Pemerintah Daerah harus memastikan diri turun tangan untuk membantu warga kita yang terkena musibah,” katanya.

Dirinya juga menyampaikan keprihatinannya atas kondisi rumah warga itu. Menurutnya, perbaikan rumah harus segera dilakukan. Agar anggota keluarga yang berjumlah tujuh orang itu dapat segera menempati tempat tinggal yang layak huni.  

“Kami (Pemkab dan DPC PKB Sidoarjo) memberi bantuan uang tunai sebesar Rp 30 juta. Rinciannya Rp 10 juta dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sidoarjo dan Rp 20 juta dari DPC PKB Kabupaten Sidoarjo serta bantuan sosial paket sembako,” imbuh Wabup yang juga menjabat Ketua DPC PKB Sidoarjo ini.

Wabup Subandi berharap, bantuan itu dapat memberi manfaat positif bagi Rusli beserta keluarga. Tak lupa, ia mengajak warga sekitar untuk bisa melakukan gotong-royong dalam perbaikan rumah itu.

“Mari sama-sama bergotong-royong untuk saling membantu. Kita harap peran serta masyarakat dan Pemerintah Desa dapat melakukan swadaya gotong-royong untuk membangun rumah dalam minggu-minggu ini,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Sidoarjo, antara lain Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo Abdillah Nasih, Kepala BPBD Pemkab Sidoarjo Dwijo Prawito, Kepala Desa Tambaksawah, Ketua Baznas Sidoarjo, serta Forkopimka Waru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here