Lanjutan Grup E: Kosta Rika dan Jerman Jaga Asa Lolos ke Babak 16 Besar 

Liputanjatim.com – Kejutan kembali terjadi pada laga Matchday ke 2 Grup E. Keempat kontestan yang ada di grup ini, belum ada yang memastikan diri untuk lolos ke babak 16 besar. 

Kejutan terjadi pada laga Jepang vs Kostarika yang dihelat di Stadion Ahmed Bin Ali, Minggu (27/11/2022). Banyak pihak menjagokan Jepang yang sedang berada dalam performa terbaiknya setelah mengalahkan Jerman pada laga pertama. 

Jika Jepang berhasil kembali menuai kemenangan, maka akan memastikan langkahnya untuk lolos ke babak 16 besar. Sayang, Tim Samurai Biru harus bertekuk lutut kepada Timnas Kosta Rika dengan kekalahan tipis 0-1.

Timnas Jepang mencoba menekan sejak menit awal pertandingan. Jepang terus mengurung Kosta Rika di 15 menit awal. Namun, serangan yang dibangun belum berhasil menembus pertahanan Kosta Rika yang bermain lebih dalam.

Tim Samurai Biru kesulitan menciptakan peluang bersih dan harus puas bermain imbang tanpa gol lawan Kosta Rika di babak pertama.

Di awal babak kedua, Timnas Jepang nyaris membuka keunggulan, tepatnya di menit ke-46. Mendapat bola di depan kotak penalti, Hidemasa Morita melepaskan tembakan keras kaki kiri ke arah kanan gawang. Beruntung Kiper berpengalaman Kosta Rika, Keylor Navas mampu menepis bola dan mengamankan gawang.

Timnas Jepang terus mengurung pertahanan Timnas Kosta Rika. Namun masih kesulitan untuk membongkar pertahanan kuat yang dikomandoi oleh Oscar Duarte. 

Keasyikan menyerang, Timnas Jepang justru kecolongan pada menit ke-81. Berawal dari ketidaksempurnaan dalam mengahalau bola, pemain tengah Kosta Rika Keysher Fuller mampu membobol gawang Jepang melalui  tendangan melengkung kaki kirinya yang mengarah ke pojok kanan atas gawang.

Kiper jepang Shuichi Gonda yang sudah terlanjur berdiri di depan gawang tak mampu menepis bola dengan sempurna. Timnas Kostarika memimpin 1-0 .

Tak mau kehilangan poin, Timnas Jepang berupaya menyamakan kedudukan. Daichi Kamada hampir saja membuat kedudukan imbang. Sayang, tendangannya masih bisa diamankan K eylor Navas yang sedang berada dalam penampilan apiknya.

Sampai laga berahir, tidak ada lagi gol yang tercipta. Timnas Kosta Rika keluar sebagai pemenang dan memberikan mereka harapan untuk dapat lolos ke babak 16 besar. 

Sementara Timnas Spanyol yang tampil garang pada laga sebelumnya, harus ditahan imbang oleh Timnas Jerman. Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Al Bayt Al Khor pada Senin (28/11/2022) kedua tim bermain imbang dengan skor akhir 1-1.

Permainan kedua tim berjalan dengan sengit. Timnas Spanyol mengandalkan ball possition, sementara Timnas Jerman menerapkan pressing tinggi dan kecepatan dalam melakukan serangan.

La Furia Roja membuka peluang melalui tendangan Dani Olmo, sayang tendangannya masih bisa diamankan Kiper Jerman Manuel Neuer. 

Pada menit ke-40, Bek Timnas Jerman Antonio Rudiger berhasil menjebol gawang Spanyol melalui tandukannya yang menyambut umpan Kimmich. Namun, gol itu dianulir oleh wasit setelah VAR menunjukkan Rudiger yang sudah berada dalam posisi offside.

Di babak kedua, sang pelatih Spanyol Luis Enrique memasukkan Alvaro Moratta untuk menambah daya gedor. Hasilnya, pada menit ke-63 Morata sukses merobek gawang Manuel Neuer setelah dirinya berhasil menuntaskan umpan mendatar yang dikirm Jordi Alba.   

Sepuluh menit waktu normal babak kedua tersisa, Jerman dikejar waktu untuk mencetak gol penyama kedudukan. Gol balasan yang ditunggu-tunggu Supporter Jerman akhirnya lahir pada menit ke-83. Adalah Niclas Fullkrug yang masuk menggantikan Thomas Mueller berhasil menjebol gawang Spanyol yang dikawal Unai Simon. 

Gol tersebut menyelamatkan Jerman dari kekalahan dan memaksa Spanyol bermain imbang dengan skor akhir 1-1. 

Hasil itu membuat persaingan di Grup E semakin ketat. Semua tim yaitu Spanyol, Jepang, Kosta Rika, dan Jerman masih berpeluang lolos ke 16 besar. 

Laga hidup mati akan tersaji pada pertandingan ke-3 yang akan mempertemukan Timnas Spanyol vs Timnas Jepang serta Timnas Jerman vs Timnas Kosta Rika.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here