Hasil Grup H: Uruguay Berbagi Angka, Portugal Raih Poin Sempurna

Liputanjatim.com – Ambisi timnas Uruguay untuk meraih kemenangan dalam laga pembuka grup H akhirnya kandas. Pasalnya, mereka harus berbagi angka saat menghadapi Timnas Korea Selatan.

Dalam laga yang digelar pada Kamis (24/11/2022) di Stadion Education City Al Rayyan itu, Timnas Uruguay hanya bisa bermain imbang dengan skor kacamata. 

Dalam pertandingan tersebut, Uruguay sebenarnya unggul dalam penguasaan bola dengan prosentase 56%. 

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022 Grup G: Brasil dan Swiss Pimpin Klasemen Sementara

Mereka kerap kali membahayakan gawang Timnas Korea Selatan dengan melakukan 10 kali percobaan. Sayangnya tak satupun menjadi gol bagi skuat La Celeste.

Korea Selatan bermain juga bukan tanpa perlawanan. Mereka membuat percobaan tendangan sebanyak 7 kali. 

Namun, Son Heung Min dkk tak mampu membobol gawang Timnas Uruguay yang dikawal dengan baik oleh Sergio Rochet.

Sementara, Timnas Portugal harus bekerja keras untuk memastikan kemenangan dalam laga perdananya menghadapi Timnas Ghana, Kamis (24/11/2022).

Pertandingan sengit antara kedua tim tersaji dalam laga yang dimainkan di Stadion 974 Rass Abou Aboud itu. 

Timnas Portugal yang bermain agresif sejak menit pertama pertandingan, dibuat frustasi dengan solidnya pertahanan Timnas Ghana. 

Pertahanan Timnas Ghana mampu membendung setiap serangan yang dibangun Timnas Portugal sambil sesekali melakukan upaya serangan balik. 

Timnas Portugal sebenarnya sempat mencetak gol di menit ke-31 melalui Cristiano Ronaldo yang meneruskan umpan terobosan Joao Felix. Sayangnya, gol itu dianulir wasit karena terjadi pelanggaran terlebih dulu.

Setelah turun minum, Timnas Portugal masih mendominasi laga dan berupaya secepatnya mencetak gol. 

Hasilnya, Cristiano Ronaldo mampu membawa Timnas Portugal unggul pada menit ke-65. Dirinya yang dijatuhkan oleh Mohammed Salisu dihadiahi tendangan penalti oleh Wasit. Tanpa ampun, Ronaldo berhasil menaklukkan Kiper Timnas Ghana, Ati-Zigi, melalui sepakan keras ke arah kanan gawang.

Timnas Ghana coba merespon. Pada menit ke-73, mereka membangun serangan dari sisi kiri yang diinisiasi Kudus. Dirinya yang lolos dari penjagaan mengirimkan umpan tarik kepada Andre Ayew. 

Dengan tenang, striker Timnas Ghana itu berhasil menceploskan bola ke gawang Timnas Portugal yang dijaga oleh Diogo Costa.

Timnas Portugal yang butuh kemenangan memasukkan Rafael Leao untuk menajamkan lini serang. Tapi, justru Joao Felix yang membawa Portugal kembali unggul di menit ke-78.

Bruno Fernandes mengirimkan umpan terobosan kepada Felix di sisi kanan yang berlari ke kotak penalti dan mencungkil bola melewati hadangan Kiper Ati-Zigi.

Tak sampai di sini, Rafael Leao yang baru masuk membawa Timnas Portugal berhasil memperlebar jarak kemenangan.

Pada menit ke-80 dirinya berhasil memaksa Kiper Ati-Zigi memungut bola dari gawang untuk ketiga kalinya setelah memanfaatkan umpan manis yang dikirimkan Bruno Fernandes. 

Unggul 3-1 membuat Timnas Portugal lengah dan kecolongan lewat gol Osman Bukhari pada menit ke-88. Terlepas dari kawalan pemain bertahan Timnas Portugal, dirinya dengan mudah menanduk bola hasil umpan silang yang dikirim dari sisi kiri oleh rekannya.

Timnas Ghana berupaya menyamakan kedudukan di sisa-sisa menit pertandingan. Sayangnya, Wasit terlebih dahulu meniup peluit tanda akhir pertandingan.

Kemenangan itu membawa Timnas Portugal meraih poin sempurna dan menjadikannya pemimpin klasemen sementara Grup H dengan torehan 3 poin. Diikuti oleh Timnas Korea Selatan dan Timnas Uruguay yang sama-sama meraih 1 poin. Sementara Timnas Ghana berada di urutan tangga klasemen paling bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here