NasDem Jatim Bantah Anggapan Rocky Gerung Soal Gagalnya Deklarasi Anies

Liputanjatim.com – Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW Partai NasDem Jatim Vinsensius Awey mengungkapkan soal kegagalan deklarasi antara NasDem, Demokrat dan PKS yang direncanakan 10 November merupakan hal biasa. Tidak seperti yang disampaikan pengamat politik Rocky Gerung yang menyebut ada transaksi politik.

“Namanya menyamakan pikiran itu kan tidak mudah. Tentu masih ada waktu untuk terus membangun komunikasi politik,” kata Awey mengomentari pendapat Rocky Gerung, Senin (14/11/2022).

Namun yang jelas, lanjut Awey, Koalisi Perubahan telah bersepakat sejak awal menjadikan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres yang dinilai telah sejalan dengan keinginan publik. Perkara urusan cawapres, Awey mengatakan hanya butuh pemahaman lanjutan.

Disamping itu juga menghargai mekanisme parpol koalisi masing-masing. “Jangan lantas hanya gagal deklarasi bersama kemudian muncul berbagai spekulasi. Saya pikir jangan banyak berhalusinasi,” tambahnya.

Lebih lanjut, mantan anggota DPRD Surabaya itu juga memastikan jika komunikasi intensif terus terjaga diantara tiga parpol. Awey justru menyarankan Rocky Gerung untuk ikut andil sebagai tim sukses guna mengetahui yang terjadi sebetulnya.

Sebelumnya diberitakan, Akademisi yang juga pengamat politik, Rocky Gerung turut mengomentari gagalnya pengumuman atau deklarasi capres/cawapres Koalisi Perubahan antara NasDem, PKS dan Demokrat yang semula direncanakan 10 November kemarin.

Dalam pandangan Rocky, hal itu menunjukkan belum bertemunya kesepakatan koalisi. Disamping itu, hal tersebut juga menjadi akibat dari sistem pencalonan presiden yang mensyaratkan ambang batas minimal 20 persen kursi DPR.

Menurut Rocky, dalam koalisi parpol tak dapat dipungkiri adanya ‘transaksi politik’ yang panjang. Hal ini disebutnya sebagai efek sistem elektoral ambang batas atau presidential threshold (PT) pencalonan presiden.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here