Jembatan Kali Cantel Masih Ditutup Total, Wabup Subandi Perintahkan Dinas PUBMSDA Bangun Jembatan Sementara

Liputanjatim.com – Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi mengaku geram saat mendapati akses jalan sementara untuk pengguna sepeda motor tidak dipenuhi oleh pihak kontraktor. Hal itu diungkapkan ketika dirinya kembali melakukan sidak ke proyek Jembatan Kali Cantel yang berada di perbatasan Desa Tropodo Kecamatan Waru dan Desa Pabean Kecamatan Sedati pada Selasa (08/11/2022).

“Kemarin ketika sidak awal, kontraktor menyatakan siap memberikan akses jalan sementara kepada pengendara sepeda motor. Ternyata sampai hari ini belum ada sama sekali,” kata Wabup Subandi. 

Dirinya mengungkapkan, banyak masyarakat yang mengeluhkan lambannya proses pengerjaan jembatan penghubung Kecamatan Waru dan Sedati itu. Menurutnya, Jalan Raya Tropodo-Pabean merupakan akses utama kelancaran perekenomian warga. Selain itu, menjadi akses pendukung menuju Bandara Internasional Juanda.

“Saya tidak mau ini terus berlarut tanpa ada solusi, mengingat jalan ini adalah akses utama perekonomian warga khususnya Waru-Sedati. Harus ada solusi yang dilakukan saat ini juga,” tegasnya.

Untuk itu, sosok yang akrab disapa Abah Bandi tersebut langsung mengintruksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBMSDA) untuk menyediakan jembatan sementara yang bisa dilalui oleh pengguna sepeda motor. 

“Kita tidak perintahkan kontraktor lagi, tapi yang kita perintahkan langsung adalah Dinas Pekerjaan Umum. Ini adalah bentuk kesigapan Pemerintah Daerah agar masyarakat tidak semakin susah,” imbuh Abah Bandi.

Kepada Dinas PUBMSDA, dirinya meminta agar pengerjaan jembatan sementara untuk pengguna roda dua segera dilakukan. Ia berharap minggu ini dapat selesai dan bisa langsung dilalui oleh para pengguna sepeda motor. 

“Tapi perlu diperhatikan, jembatan sementara ini nantinya harus dipastikan aman untuk para pengguna roda dua. Juga jangan sampai mengganggu pengerjaan proyek jembatan Kali Cantel itu sendiri,” dirinya mengingatkan.

Sementara itu, Iwan selaku pendamping proyek dari Dinas PUBMSDA menyatakan segera menindaklanjuti intruksi dari Wabup Subandi. Mulai besok pihaknya akan langsung mengerjakan jembatan sementara untuk pengguna roda dua. 

“Nanti kita rencanakan ada dua unit jembatan sementara untuk kedua sisi jalan. Lebarnya masing-masing berukuran 1,5 Meter,” ungkap Iwan.

Dirinya memastikan jembatan sementara tersebut nantinya aman untuk dilalui para pengguna sepeda motor. 

“Kita juga pastikan jembatan sementara itu tidak mengganggu pengerjaan jembatan Kali Cantel karena letaknya berada di luar area proyek,” pungkas Iwan.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here