Hadiri Tunas Gusdurian, Gubernur Khofifah Minta Gusdurian Jadi Game Changer Penerus Gus Dur

Liputanjatim.com – Jaringan Gusdurian menggelar Temu Nasional (Tunas) pada 14-16 Oktober 2022 di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Agenda dua tahunan tersebut telah menginjak edisinya yang kelima setelah terakhir digelar secara Daring pada 2020. 

Mengusung tema “Menguatkan integritas gerakan, meneguhkan spirit kebangsaan”, pihak penyelenggara berharap spirit perjuangan kota Surabaya dapat diwarisi oleh Jaringan Gusdurian.  

“Spirit kota pahlawan senantiasa kita warisi dalam menjalankan cita-cita berbangsa dan bernegara. Kota ini menjadi tonggak kebangkitan di masa perjuangan, kita harap temu nasional kali ini menumbuhkan bibit-bibit kebangkitan pejuang kemanusiaan,” terang Mukhibullah dalam laporannya sebagai Ketua Panitia Tunas Gusdurian 2022, Jumat (14/10/2022).

Dirinya mengungkapan kegiatan tersebut dihadiri tidak kurang dari 1300 orang terdiri dari kader, penggerak komunitas, pecinta Gus Dur dari dalam dan luar negeri. 

Mereka berasal dari 155 komunitas Gusdurian dari dalam negeri dan 5 komunitas Gusdurian dari luar negeri yakni Kuala Lumpur, London, Teheran, Bangkok dan Jeddah.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turut hadir dalam pembukaan Tunas Gusdurian 2022. Dalam sambutannya ia menuturkan bahwa Jawa Timur merupakan tempat yang sangat tepat untuk menggali spirit pluralisme, kemanusiaan, dan demokrasi seperti yang diajarkan Gus Dur. Sebab Jawa Timur sebagai Bumi Majapahit adalah tempat lahirnya Bhinneka Tunggal Ika. 

Gubernur Khofifah meminta Jaringan Gusdurian tetap konsisten meneruskan perjuangan Gus Dur. 

“Dunia sekarang mengenal Steve Job, Mark Zuckerberg hingga Elon Musk sebagai Game Changer. Tapi dalam bidang pluralisme, demokrasi, dan kemanusiaan, Maka Gus Dur adalah sosok Game Changer,” ujarnya. 

Oleh karena itu, Ia berpesan Jaringan Gusdurian harus dapat menjadi Game Changer baru penerus perjuangan Gus Dur. 

“Mudah-mudah semua Gusdurian siap menjadi Game Changer mengikuti pemikiran dan gerakan yang telah diwarisi oleh Gus Dur” pungkasnya. 

Agenda yang berlangsung selama tiga hari tersebut dimeriahkan oleh berbagai acara. Mulai dari ziarah makam Gus Dur, launching Gusdurian Expo, kelas berbagi inspirasi, forum penggerak gusdurian hingga panggung budaya bertajuk konser tahun toleransi 2022.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here