Pemkab Sidoarjo Gencarkan Program Bedah Rumah, 340 RTLH Jadi Sasaran

Liputanjatim.com – Upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terus dilakukan oleh Pemkab Sidoarjo. Salah satunya dengan program bantuan bedah rumah tidak layak huni (RTLH).  

Kali ini, bantuan Program Bedah Rumah diberikan kepada Enam Keluarga di Desa Jatikalang, Prambon. Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor pada Kamis (22/09/2022) di Balai Desa Jatikalang, Prambon. 

Bupati Sidoarjo menyatakan tahun ini Pemkab Sidoarjo menyasar 340 unit RTLH yang akan mendapatkan Bantuan Program Bedah Rumah. Rinciannya, 50 unit rumah dari APBD, 15 unit melalui program TMMD dan 275 melalui APBN. 

Dikatakan Program Bedah Rumah merupakan wujud komitmen Pemkab Sidoarjo untuk mensejahterakan masyarakatnya. Bahkan, Program tersebut juga termasuk dalam Program Prioritasnya. 

Untuk itu, Ia mengupayakan program tersebut tetap ada setiap tahun dan diusahakan semakin luas cakupan penerimanya. 

“Setiap tahun akan kami usahakan,” ucapnya usai meninjau rumah salah satu penerima manfaat program bedah rumah.

Agar program tersebut semakin massif, Pemkab Sidoarjo akan terus menggandeng lembaga lain. Menurutnya, peluang untuk berkolaborasi dengan lembaga lain sangatlah terbuka. 

Beberapa lembaga baik pemerintah maupun swasta mempunyai program yang sama. Salah satunya yang saat ini digandeng adalah Baznas Sidoarjo. 

“Kita akan membuka ruang-ruang yang lain, termasuk dari Baznas yang ternyata banyak programnya. Baik itu dari Baznas pusat maupun provinsi yang menunggu proaktif dari kabupaten, salah satunya program bedah rumah milik Baznas Sidoarjo kali ini,” jelasnya.

Bupati yang akrab disapa Gus Muhdlor itu juga meminta peran serta Pemerintah Desa dalam menyukseskan program bedah rumah tersebut. 

Gus Muhdlor berharap Pemdes aktif menyampaikan informasi terkait warganya yang memenuhi syarat untuk diusulkan menjadi penerima manfaat dari program itu. 

“Kami minta proaktif dari teman-teman yang lain kalau ada usulan, kebetulan bapak Kades Jatikalang menurut kami sangat proaktif memberikan informasi masyarakat yang berhak menerima program bedah rumah ini,” pungkas Gus Muhdlor.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here