Peduli Lingkungan, Polres Blitar Gelar Aksi Tanam Seribu Bibit Mangrove dan Lepas Tukik ke Pantai

Liputanjatim.com – Korp Bhayangkara Polres Blitar laksanakan giat menanam seribu bibit mangrove dan merilis puluhan tukik di pesisir Pantai Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar.

Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom S.I.K melalui Kasat Lantas AKP Kadek Aditya Yasa Putra mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian Polri, utamanya Polres Blitar terhadap lingkungan. 

“Penanaman Mangrove ini untuk antisipasi terjadinya abrasi pantai,sedang Tukik kita lepaskan untuk melestarikan sumberdaya laut dan menjaga kelestarian ekosistem laut,” kata AKBP Kadek Aditya, Minggu (18/09/22).  

Aksi peduli lingkungan tersebut dilaksanakan oleh Polres Blitar bersama segenap personel Sat Lantas itu, sekaligus sebagai peringatan moment HUT Satuan Lalulintas yang ke-67.

“Iya, kegiatan kali ini dilakukan oleh seluruh Anggota Satlantas Polres Blitar,bertepatan menyambut HUT ke-67 Satuan Lalulintas,” tambah Aditya.

Setelah melaksanakan giat safety riding menuju ke Pantai Serang. Mereka melakukan penanaman 10.250 bibit pohon mangrove di sepanjang bibir pantai yang merupakan kawasan konservasi. 

“Untuk Tukik yang dilepas sebanyak 500 ekor jenis lekang (Lepidochelys olivacea) yang bertujuan untuk mendukung pelestarian lingkungan,”‘ungkap Aditya.

Dia menjelaskan, hutan mangrove adalah salah satu ekosistem hutan dengan kelompok tumbuhan yang dapat hidup di daerah dengan kadar garam yang tinggi. 

Aditya menyebut, bahwa hutan mangrove sangat berguna bagi lingkungan, di antaranya mencegah intrusi air laut, abrasi dan erosi pantai. 

“Maka dari itu sebagai bentuk atensi kami kepada pantai dan fauna, kami menggelar kegiatan positif ini. Demi anak cucu kelak kita juga,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here