KASAD Jenderal Dudung Sebut Produksi Kacang Hijau di Gresik Bisa Penuhi Ketahanan Pangan Nasional

Liputanjatim.com – Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Gresik, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersama rombongan mengikuti panen raya kacang hijau dan tanam jagung bersama petani Desa Tulung, di Kecamatan Kedamean, Kamis (01/09/22).

Tepat saat panen raya, Kasad Jendral TNI Dudung itu mengungkapkan, Kabupaten Gresik ini untuk hasil produksi kacang hijaunya sangat luar biasa dan tidak terkejut ketika menjadi 5 besar wilayah dengan penghasil kacang hijau terbesar di Indonesia.

“Ini sangat luar biasa, karena produksi kacang hijaunya berada di urutan kelima di Indonesia. Karenanya saya menugaskan Dandim agar produksi kacang hijau bisa lebih meningkat lagi, sehingga nanti tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan di Gresik saja, tetapi juga untuk seluruh Indonesia,” kata Jendral Dudung kepada Liputanjatimcom, Kamis (01/09/22). 

Dari situ, Jendral bintang empat itu tegas mengatakan, bahwa TNI Angkatan Darat (AD) saat ini turut membantu peran pemerintah dalam menangani kerawanan pangan, dengan mendorong petani untuk memaksimalkan lahan yang ada, agar lebih efektif dan produktif.

“Pasca pandemic Covid-19 banyak menimbulkan permasalahan ekonomi, salah satu akibatnya adalah banyak anak stunting atau banyak yang kehilangan mata pencaharian. Karena itu TNI Angkatan Darat harus hadir ditengah kesulitan masyarakat,” tegas Jenderal Dudung.

Diketahui, keberhasilan petani kacang hijau di Gresik ini tentu tak lepas dari sinergi antara pemerintah serta kemitraan kacang hijau oleh PT. Agrotani Sukses Sejahtera selaku kemitraan kacang hijau dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Kabupaten Gresik.

Direktur Utama PT. Agrotani Sukses Sejahtera Sumanto Margosuwito menjelaskan, dengan tanah seluas kurang lebih 500 hektar kini pihaknya berhasil menjalin kerjasama dengan KTNA dan para petani untuk menanam kacang hijau di kabupaten Gresik.

Sehingga dari realisasi tanam kacang hijau di Kabupaten Gresik yang terhitung sampai dengan bulan agustus 2022 dengan luas 320 hektar, petani mampu menghasilkan kacang hijau sebanyak 416 ton.

“Melalui kerjasama ini PT. Agrotani Sukses Sejahtera siap membeli hasil panen kacang hijau dengan harga terendah Rp. 14.000 ribu per kilogram. Dan apabila harga naik bersedia membeli dengan harga pasar, untuk saat ini harga pasar sebesar Rp.18.000 ribu per kilogram,” ujar Sumanto.

Sebagai informasi, selain mengikuti panen raya kacang hijau dan tanam jagung, Jenderal TNI Dudung Abdurachman juga mengunjungi sejumlah tempat lainnya, seperti Pengukuhan Bapak dan Bunda anak asuh stunting di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) di Jl. Jaksa Agung Suprapto, Gresik, dan dilanjutkan peninjauan Kampung Pancasila yang ada di Kelurahan Sukorame.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here