Di Bukit Condrodipo Gresik Hilal Tidak Berhasil Dirukyat, PWNU Jatim Putuskan Ramadhan Jatuh Pada Hari Minggu

Liputanjatim.com – Rukyatul Hilal penetapan Ramadhan 1443 H oleh Lembaga Falakiyah Nahdatul Ulama (LFNU) Jawa Timur belum membuahkan hasil. Sehingga fenomena tersebut dijadikan rujukan bahwa 1 Ramadhan jatuh pada hari Ahad (3/4).

Sementara itu, hasil daripada Rukyatul Hilal yang digelar di Bukit Condrodipo Kabupaten Gresik, pada Jum’at sore (1/4), langsung disampaikan oleh Ketua LFNU Muhiddin kepada Kementerian Agama (Kemenag) dan Pengadilan Agama (PA).

“Saat pelaksanaan Rukyatul Hilal, kondisi Balai Rukyat Condrodipo Gresik Berawan,” kata Muhiddin di lokasi, Jumat (1/4/22).

Lebih lanjut, diijelaskan bahwa Rukyatul Hilal yang diselenggarakan di 29 titik di Jawa Timur juga gagal melihat Hilal. Oleh karena itu melalui PWNU Jatim, telah mengirim surat laporan kepada PBNU tentang laporan Rukyatul Hilal awal Ramadan 1443 H, sekaligus mengabarkan bahwa awal Bulan Ramadhan jatuh pada hari Ahad tanggal 3 mendatang.

Surat laporan tersebut berbunyi; Bersama ini kami sampaikan dengan hormat, sehubungan dengan dilaksanakan rukyatul hilal awal Ramadan 1443 H di 29 titik lokasi rukyat di Jatim pada Jumat, 29 Syaban atau 1 April 2022, yang dilaporkan pimpinan LFNU Jatim bahwa hilal tidak terlihat. Dengan demikian, bulan Syaban digenapkan menjadi 30 hari (istikmal). Hal tersebut dapat dijadikan pertimbangan PBNU untuk mengikhbarkan bahwa 1 Ramadan 1443 H bertepatan dengan hari Ahad, 3 April 2022 (mulai Sabtu malam Ahad). 

Ditandatangani Ketua PWNU Jatim Marzuki Mustamar, Wakil Sekretaris HM. Hasan Ubaidillah, Rais Syuriah KH Anwar Mansur, dan Katib KH Syaifuddin Syarif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here