Perkuat Kinerja Dewan, DPRD Gresik Lakukan Rotasi AKD

Liputanjatim.com – DPRD Gresik berhasil menetapkan rotasi Pimpinan dan Anggota Dewan Kabupaten Gresik dalam rapat Paripurna AKD (Alat Kelengkapan Dewan).

Rapat paripurna yang dilakukan secara musyawarah mufakat membawa angin perubahan yang cukup berarti.

Ketua DPRD Gresik Moch. Abdul Qodir mengatakan bahwa, perombakan personalia di tubuh DPRD Gresik melalui AKD ini sudah matang berdasarkan pertimbangan dan usul dari seluruh anggota fraksi. 

“Evaluasi untuk yang sudah berjalan kemaren semuanya positif, strategi ini tak lain adalah untuk genjot konsistensi memaksimalkan kinerja,” kata Qodir, Kamis (17/2/2022).

Untuk itu, menurut Qodir, seluruh fraksi yang sudah ditunjuk agar bekerja lebih efektif lagi untuk menciptakan kebijakan-kebijakan yang pro terhadap rakyat.

“Atas dasar proposional, merata sesuai dengan jumlah kursi yang dimiliki. Dan keputusan ini berjalan mulai sejak tanggal ditetapkan,” tambah Qodir.

“Demikian susunan pimpinan dan anggota dari hasil AKD setelah menimbang, mengingat, dan menetapkan. Keputusan mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan,” tandasnya

Untuk diketahui, dalam rotasi AKD terjadi pada 3 elemen, yaitu; Badan Kehormatan (BK), Badan Pembentukan Aturan Daerah (BAPEMPERDA), dan komisi-komisi.

Komposisinya demikian, dari BK sekarang diketuai oleh Muhammad Nasir (Fraksi Nasdem), wakil ketua Jamiyatul Mukaromah (Fraksi PKB), anggota Mega Bagus Saputro (Fraksi PDIP), anggota Abdullah Munir (Fraksi Gerindra), anggota Mustajab (Fraksi Partai Amanat Pembangunan). Sedang dari BAPEMPERDA diketuai oleh Khoirul Huda (Fraksi Partai Amanat Pembangunan), wakil ketua adalah Achmad Kusrianto Pujiantoro (Fraksi PDIP).

Selanjutnya tatanan baru dari Komisi-komisi, Komisi I; diketuai oleh Muchammad Zaifudin (Fraksi Gerindra), wakil ketua Sujono (Fraksi PKB), anggota Wongso Negoro (Fraksi Golkar). Komisi II; ketua Asroin Widyana (Fraksi Golkar), wakil ketua Kamjawiyono (Fraksi Gerindra), sekertaris Suberi (Fraksi Demokrat). Komisi III; ketua Sulisno Ibransyah (Fraksi PDIP), wakil ketua Eddy Santoso (Fraksi Demokrat), sekertaris Sholihuddin (Fraksi PKB). Komisis IV; posisi wakil ketua Atek (Fraksi Golkar), sekertaris Nur Hudi DiDin Arianto (Fraksi Nasdem).

Perubahan juga terjadi didalam Fraksi Partai Amanat Pembangunan. Dengan Faqih Usman sebagai ketua terpilih, Khoirul Huda sebagai wakil ketua, dan Mustajab sebagai sekertaris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here