Gandeng Lima Institusi, Khofifah Perkuat SDM Anak Bangsa

Liputanjatim.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menuturkan saat ini pihaknya bekerjasama dengan lima institusi demi tingkatkan kualitas pendidikan di Jatim.

“Ada SMAN 5 Taruna Brawijaya Kediri, SMAN Taruna Nala Malang berbasis kelautan bekerja sama dengan TNI AL, SMAN 3 Taruna Angkasa Madiun berbasis kedirgantaraan bekerja sama dengan TNI AU, dan SMAN 2 Taruna Bhayangkara Banyuwangi berbasis kepolisian bekerja sama dengan Polri,” kata Khofifah saat meresmikan SMAN 5 Taruna Brawijaya di Kota Kediri, Provinsi Jatim, Selasa (14/12).

Ia mengatakan, kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berjiwa nasionalisme kuat.

Pemprov Jatim sendiri ia katakan mempunyai komitmen kuat dalam urusan pendidikan. menyiapkan SDM yang bisa memberikan dedikasi terbaiknya untuk kebaikan dan kemajuan kehidupan bangsa dan negara di Provinsi Jatim.

Tidak hanya itu, gubernur perempuan pertama di Jatim ini menuturkan, pihaknya juga melakukan kerjasama dengan pesantren demi membangun pendidikan taruna madani.

“Pemprov Jatim juga bekerja sama dengan Pesantren Ad-Dalwah yang berada di Bangil, Kabupaten Pasuruan. Kerja sama tersebut diwujudkan dengan pendirian SMAN Taruna Madani yang berbasis boarding school,”

Kerjamasa dengan Pesantren Ad-Dalwah, menurutnya pengasuhnya memiliki keinginan untuk memberikan penguatan dari sisi bangunan karakter bela negara seiring dengan nilai-nilai agama. Sehingga sekolah tersebut menjadi SMAN Taruna Madani dengan penguatan dari TNI AL.

“Jika demikian maka peradaban-peradaban yang bisa memberikan referensi keberagaman dalam suasana yang saling menghormati, saling memahami, saling mempercayai, ini nilai yang sangat mendasar yang harus terintegrasi dalam proses pembelajaran,” ujar Khofifah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here