Di Bandara Soetta, Tes PCR Turun Harga Rp 275 Ribu dan Hasil Tes Keluar 3 Jam

Bandara Soetta

Liputanjatim.com – Di bandara Soekarno-Hatta(Soetta), harga tes polymerase chain reaction (PCR) secara resmi sudah turun harga. Harga tes PCR di Soetta itu menjadi Rp 275 ribu sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Untuk PCR berdasarkan lab yang beroperasi di beberapa bandara kami pantau hari ini sudah menyesuaikan dengan aturan dari pemerintah, yaitu sekitar Rp 275 ribu per orang untuk tesnya,” kata Senior Branch Communication and Legal Bandara Soetta M Kholik Muardi, Kamis (28/10/2021).

Selain menurunkan harga, hasil tes PCR di Soetta lebih cepat dibanding sebelumnya. Jika awalnya hasil yang didapati dalam 1×24 jam. Kini malah bisa keluar 3 jam setelah pemeriksaan.

“Kami menyiapkan PCR yang hasilnya bisa didapatkan dalam waktu sekitar 3 jam hasilnya bisa dilihat apakah positif atau negatif. Oleh sebab itu, kami mengimbau penumpang di sini untuk datang lebih awal terutama bagi yang belum memiliki hasil PCR,” jelasnya.

Holik mengungkapkan hasil PCR yang cepat ini sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah penumpang. Dia sudah memprediksi dengan diterapkan wajib PCR untuk penumpang akan mengalami penurunan.

“Untuk hari ini, 28 Oktober 2021, prediksinya sekitar 60 ribu penumpang per hari jadi secara data mengalami penurunan dari sebelumnya. Sebelumnya, sekitar 70 ribu pergerakan penumpang per harinya, sekarang sekitar 50-60 ribu pergerakan penumpang per harinya di Bandara Soetta,” kata Holik.

Holik mengatakan Bandara Soetta dari 24 Oktober 2021 mulai memberlakukan SE 88 Tahun 2001 dari Kemenhub yakni menerapkan persyaratan perjalanan penerbangan untuk melakukan tes PCR bagi penumpang. Ini berlaku untuk yang berangkat atau melakukan perjalanan dari dan ke Pulau Jawa Bali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here